rahman

Apakah yang di sebut Domain, Web Server dan Web Hosting Itu?

 
Peluang e-Commerce Di Indonesia

Peluang e-Commerce di Indonesia

Mengingat Indonesia adalah Negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, bisa menjadi salah satu market di dunia. Sekarang ini banyak sekali situs-situs e-Commerce di Indonesia yang menjual berbagai barang dan jasa yang bervariasi, mulai dari perbankan sampai dengan kerajinan tangan.

Ketika e-Commerce mulai bergulir, Indonesia tidak ketinggalan mengikuti trend ini. Beberapa pelaku bisnis Indonesia mencoba membuka situs e-Commerce yang menyediakan pelayanan online, meskipun belum memuaskan mengingat pelayanan yang belum sepenuhnya 24 jam, dan operator yang belum maksimal dalam melayani keluhan dan pertanyaan konsumen. 

Saat ini pemahaman pelaku bisnis dan masyarakat mengenai e-Commerce semakin bertambah, sehingga sekarang sudah banyak situs-situs e-Commerce Indonesia mulai tumbuh di dunia maya. Tetapi dalam  penerapan e-Commerce di Indonesia, masih ada beberapa kendala yaitu masih banyak masyarakat Indonesia yang pemahamannya

masih kurang dalam dunia teknologi dan informasi, krisis ekonomi dan temahnya ekonomi masyarakat, ancaman virus dan program-program pengganggu lainnya, ketegasan peraturan dan perundang-undangan, krisis ekonomi dan lemahnya daya beli masyarakat, masih banyak penduduk yang berpendidikan rendah, serta mahalnya infrastruktur jaringan.

Apakah Domain dan Web Hosting Itu ?

Hosting merupakan tempat dalam server komputer yang digunakan untuk menempatkan data dan file web, sehingga data dan file web tersebut dapat diakses oleh semua user pengguna internet. Jika Anda memilih penyedia jasa layanan hosting haruslah berhati-hati, karena jika Anda sudah menyewa, dan Anda ingin pindah ke jasa hosting yang lain, Anda akan sulit memindahkan data-data bisnis Anda.

Jika Anda menggunakan jasa hosting yang kurang berkualitas, maka akan berpengaruh terhadab kinerja website Ancra. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk menyewa sebuah jasa web hosting, tertebih dulu Anda cari informasi mengenai jasa hosting mana yang terbaik untuk data-data web Anda. Hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menyewa hosting antara lain :
  • Kualitas koneksi ke internet, bandwidth dan cari yang ada fasilitas untuk back-up data. Bandwidth yang terpakai tidak melebihi 50% dari yang disediakan.
  • Pilih layanan hosting yang mudah (user friendly),.sehingga Anda mudah untuk mengelolanya. Bandingkan fitur-fitur apa saja yang disediakan oleh masing-masing hosting. Pilih layanan yang sesuai dengan web yang Anda buat, pilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan web Anda.
  • Bisa melakukan up-grade hosting dengan mudah.
  • Sharing dengan para pengguna dari web hosting tersebut, Anda bisa metihatnya dalam daftar klien.
  • Dukungan dan kecepatan respon, cobalah tanyakan beberapa pertanyaan pada staf pendukung  yang ada, untuk antisipasi seandainya Anda berlangganan hosting di tempat mereka. Pantaulah seberapa cepat mereka merespon pertanyaan Anda.
Domain adalah nama unik atau alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dibandingan harus mengingat deretan nomor atau yang dikenal IP.

Berikut ini adalah jenis-jenis Domain:
  • Top Level Domain atau Global Top Level Domain (gTLD) adalah deretan kata di belakang nama domain seperti .net (dotnetwork), .com (dotcommercial), .org (dotorganization), .edu (doteducation), .gov (dotgoverment), dan .mil (dotmilitary).
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD), ccTLD adalah Top Level Domain (TLD) yang dipergunakan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id).
  • Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang Anda daftarkan. Misalnya nama domain yang Anda daftarkan adalah madcoms.com, maka madcoms adalah SLD dan .com adalah TLD. Third Level Domain adatah nama sebelum Second Levet Domain dan Top Level Domain.

Apa Itu Web Server ?

Web server adalah software yang bertugas menerima dan memberi respon dari komputer klien yang menggunakan web browser (Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla, Opera, dan program browser lainnya) .

Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan ke browser. Data tersebut mempunyai format standar, atau disebut dengan format SGML (Standar General Markup Language). Untuk berkomunikasi dengan kliennya (web browser), web server menggunakan protokol yaitu HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Dengan protokol ini, komunikasi antar web server dengan kliennya dapat saling dimengerti.
Previous
Next Post »

Top Artikel Minggu InI