rahman

Apa Yang Disebut Wordpress? Perkembangan Teknologi Informasi.

Perkembangan Teknologi Informasi 


Teknologi Informasi adalah sebuah dunia yang selalu dinamis dan mudah berubah. Yang sekarang ini menjadi trend belum tentu menjadi trend pada tahun berikutnya. Beberapa tahun yang lalu, para programmer Indonesia mungkin masih menggunakan Visual Basic, Delphi, Visual C++ dan berbagai bahasa pemrograman lain yang menggunakan orientasi objek, namun saat ini pemrogramman sudah beralih ke yang berbasis internet. 

Perubahan yang pesat dalam dunia Teknologi Informasi turut membawa pengaruh yang besar pada bidang-bidang yang diimplementasikan, termasuk dunia bisnis. Sebagai contoh, transaksi online saat ini tidak hanya dapat dilakukan melalui komputer yang terhubung dengan internet, tetapi juga melalui beragam perangkat lain yang telah didesain untuk dapat mengakses dunia maya, 

seperti Handphone, PDA, iPOD, dan sebagainya. Banyak perusahaan yang menyediakan beragam fasilitas yang memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi, bahkan seorang nasabah dapat memindahkan sejumlah uang ke rekening lain cukup dengan mengirim SMS. Tak dapat dipungkiri bahwa semakin beragamnya layanan dan fasilitas yang ditawarkan, maka akan semakin menarik perhatian dan minat konsumen untuk menggunakan jasa yang ditawarkan perusahaan-perusahaan tersebut.

 Apa itu Wordpress ? 



Wordpress adalah sebuah Personal Publishing Paltform yang merupakan blog tool, tetapi seiring dengan berkembangnya trend situs-situs portal, Wordpress menambahkan dukungannya bagi para calon dan pemilik situs yang ingin membangun portal. Saat ini Wordpress dapat disejajarkan dengan CMS lain, seperti Joomla!, Mambo, PHP-riuke dan lainnya. 

Banyak perusahaan-perusahaan ternama memanfaatkan Wordpress untuk blog-nya. Begitu mudahnya mengelola blog menjadikannya alternatif dalam berpromosi. Bukan hal yang baru apabila menggunakan blog sebagai sarana untuk berbisnis. Blog merupakan salah satu sarana untuk membangun situs e-Commerce yang mudah dan cepat. 

Wordpress dikenal sebagai salah satu CMS (Content Management System) yang banyak digunakan karena mudah dalam penggunaannya, selain itu Wordpress juga merupakan software gratis yang bersifat open source. Sebagai pengguna open source, Anda dapat menggunakannya secara bebas dan dapat mengubah-ubah kode programnya, dengan syarat Anda tetap mencantumkan perubahan yang dilakukan dan merujuk pada pembuat sebelumnya, yaitu Wordpress itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menggunakan Wordpress: 

•  Bersifat Free (bebas/gratis) karena dilisensikan di bawah lisensi GPL (GNU Public Licence ).

•  Menyediakan banyak theme dan plugin. 

• Dapat digunakan secara offline (tanpa koneksi internet), yaitu dengan menggunakan web server     yang di-install di komputer lokal.

• Dapat di-install pada web hosting yang mendukung penggunaan PHP dan MySQL. 

• Mendukung pembuatan kategori dan sub kategori yang tidak terbatas. 

• Dapat melakukan sindikasi otomatis dengan RSS dan Atom. 

• Menggunakan interface XML ROC (Remote Procedure Call) untuk proses trackback dan remote posting. 

• Mempunyai kemampuan untuk mengimpor data dari MovableType, TextPattern, grayMetter, b2evolution, dan Blogger yang merupakan kelebihan utama WordPress. 

• Mendukung dokumen dengan berbagai jenis ekstensi, dan mempunyai AP I (Application Program Interface) untuk meningkatkan kemampuan WordPress.

• Dapat diintegrasikan dengan posting melalui email. 

• Sangat mudah untuk melakukan proses administrasi dan perawatan tanpa harus memiliki pengalaman dalam bidang nge-Blog. 

• Proses publish konten secara instan. 

• Mendukung multi bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. 

• Mempunyai banyak fitur. 

• Bisa membuat tink dengan blog atau situs lain. 

Sekian dulu artikelnya, semoga bermanfaat buat kita semua Terimakasih buat yang bisa menerima artikel sederhana ini, kalau ada yang salah mohon pencerahannya dengan berkomentar di bawah ini.
First

Top Artikel Minggu InI