rahman

Apa Itu e-Commerce ? Dan Apa Manfaat e-Commerce.

Apa Itu e-Commerce ? 

e-Commerce (Electronic Commerce) adalah penjualan dan pembelian produk, informasi, dan jasa yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan komputer, misalnya internet. Perkembangan internet yang pesat merupakan faktor pendorong e-Commerce. 
Apa Itu e-Commerce
Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memudahkan interaksi antar pengguna internet. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling berhubungan metalui jaringan telekomunikasi, transaksi dalam bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Dengan e-Commerce, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan informasi (iklan), selain itu dengan e-Commerce transaksi bisa berlangsung dengan cepat dan biaya lebih efisien, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan datam bersaing. 

Sejarah e-Commerce bermula saat Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang membentuk suatu badan bernama Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) yang bertugas mengadakan proyek jaringan komunikasi, yang dinamakan Advanced Research Project Agency (ARPA). Melalui ARPA, dikembangkan lagi jaringan komunikasi Advanced Research Project Agency Network (ARPANET) pada tahun 1969.

yang menggunakan komputer-komputer PDP-10 dan PDP-11 produksi Digital Equipment Corporation di bawah platform Unix. Situs e-Commerce adatah situs komersial yang siap menerima order dan dapat diakses dari berbagai wilayah di dunia dengan wilayah waktu yang bermacam-macam. Oleh karena itu, pemilik situs harus mempertimbangkan beban biaya dan wilayah jangkauan distribusi barang produksinya. Sebagian situs e-Commerce membatasi distribusi produk mereka sampai tingkat nasional. 

Ada banyak sekali manfaat dari e-Commerce, berikut ini beberapa - manfaat atau kelebihan e-Commerce: 

•Tidak memertukan modal yang besar Dengan e-Commerce pengusaha tidak perlu mencari lokasi untuk membangun tempat usaha fisik, atau menyewa tempat usaha dan peralatan usaha layaknya tempat usaha konvensional. ,Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, bisnis online hanya membutuhkan biaya untuk membeli atau menyewa hosting dan domain. 

•Lebih efisien, efektif dan cepat. Mengingat internet bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat, tidak menutup kemungkinan sebagian besar masyarakat menggunakan internet. Toko maya lebih bisa menekan biaya distribusi, selain itu dengan menggunakan email atau chatting, komunikasi dan pengiriman pesan lebih cepat dan murah. 

•Efisiensi Tenaga Kerja. Bisnis melalui dunia maya hanya membutuhkan beberapa orang saja, jadi lebih hemat tenaga kerja, Anda tidak perlu membayar banyak karyawan. 

•Proses Transaksi Lebih Mudah dan Cepat. Proses transaksi melalui e-Commerce dapat dilakukan dengan cepat, mudah, kapan saja, dan dimana saja selama konsumen dan penyedia jasa atau barang saling terhubung. Media penghubung untuk e-Commerce bukan hanya website saja, tetapi juga bisa menggunakan perangkat mobile atau perangkat elektronika lainnya. Proses transaksi mudah dilakukan karena diatur melalui perangkat lunak. Data mengenai konsumen dan produk yang dipesan disimpan dalam database oleh konsumen itu sendiri melalui form yang disediakan. Pemilik situs juga bisa memesan perangkat lunak yang bertungsi untuk mengirim pesan kepada konsumen, baik berupa 
konfirmasi transaksi yang telah ditakukan maupun informasi waktu pengiriman barang. Operator yang bertugas hanya perlu mengawasi dan melakukan aktivitas yang tidak mampu ditakukan oleh perangkat tunak, misatnya menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen. 

•Pangsa pasar yang luas e-Commerce mampu membuka pangsa pasar tingkat internasional karena internet mencakup seluruh dunia. 

•Tidak ada batasan ruang dan waktu e-Commerce tidak mengenal batasan negara dan waktu, sehingga tidak menjadikannya kendala dalam berbisnis. Situs-situs e-Commerce membuka layanan 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. 

•Tidak diperlukan perusahaan Mediator e-Commerce tidak memerlukan mediator sebagaimana perusahaan konvensionat yang memerlukan penghubung seperti retailer dan semacamnya. Dalam e-Commerce, perusahaan penyedia barang dan jasa hanya perlu mempromosikan situs dan produk mereka, kemudian langsung berhubungan dengan konsumen di seturuh penjuru dunia. 

•Membuka jaringan bisnis global Perdagangan global metiputi jaringan perdagangan tingkat dunia. Perdagangan global dapat memicu tumbuhnya kelompok-ketompok perusahaan yang memiliki hubungan kerja sama. Muncutnya kelompok perusahaan akan menimbulkan ide untuk berkolaborasi dalam suatu wadah yang dikenal dengan istilah 8-web (Business-Web), yaitu semacam usaha satu atap dari beberapa perusahaan yang bergabung membentuk aliansi, untuk berkompetisi dengan perusahaan tain yang setara atau yang lebih besar. 

•Kualitas dan Harga yang kompetitif Menyediakan barang atau jasa yang berkualitas dengan harga yang murah adalah salah satu strategi perusahaan untuk mempertahankan dan menarik konsumen. Bagaimanapun juga, datam dunia perdagangan manusia akan berusaha mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dengan pengorbanan seminimal mungkin. 

•Memacu kreativitas dan inovasi Dengan persaingan yang ketat dan bersifat global, akan memicu munculnya ide-ide baru yang dituangkan dalam bentuk kreativitas sehingga tercipta inovasi. Inovasi yang kreatif telah lama dikenal sebagai salah satu faktor daya tarik, khususnya bagi konsumen yang ingin tahu dan penasaran untuk mencoba. Inovasi yang tercipta juga akan menambah keragaman produk dan manusia akan semakin dimanjakan oleh berbagai produk yang menjanjikan kemudahan hidup. Inovasi dan kreativitas menjadikan semuanya tampak instan. Para pelaku e-Commerce membutuhkan situs e-Commerce yang mudah dibangun, cepat dan memiliki daya tarik. Aplikasi Wordpress merupakan salah satu basis web yang bisa digunakan untuk membuat e-Commerce, selain pengunaannya yang mudah, Wordpress juga mempunyai kehebatan dalam Search Engine (mesin pencari) yang sudah terbukti dan tidak diragukan lagi. 

•Dengan Wordpress, seorang pengguna „e-Commerce tidak harus menguasai kemampuan dalam desain grafis, animasi, bahasa pemrograman untuk web (seperti php, asp, Java, HTML atau VBScript), dan menguasai software database (seperti MySQL, Oracle, SQL dan sebagainya). 

Oke semoga sudah jelas apa yang di maksud dengan Apa Itu e-Commerce ? Dan Apa Manfaat e-Commerce.  kalau belum mengerti juga komentar di bawah ini, Terima kasih semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Top Artikel Minggu InI